Saturday, 28 September 2019

Mengatasi Opsi Transfer File Xiaomi Hilang Tidak Terbaca

Waduh tampaknya saya sudah usang tidak membuat postingan berhubung banyak pekerjaan offline, kayanya kini mau berusaha onfire lagi, maaf ya  komentarnya belum pada dibalas, ya berhubung gres buka lagi blog.

Pada ruangan kali ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan xiaomi, nah pada artikel kali ini saya akan coba membahas kata kasus yang cukup sering dialami oleh beberapa pengguna xiaomi yaitu hilangnya opsi Transfer file (MTP) yang sangat diharapkan pada ketika kita ingin memindahkan data atau transfer data dari xiaomi ke komputer PC atau sebaliknya.

Umumnya opsi tersebut biasanya akan muncul pada ketika hp xiaomi kita sambungkan ke komputer memakai kabel USB, dan di beberapa brand xiaomi opsi tersebut biasanya secara default dalam keadaan ON, sehingga ketika HP Xiaomi tersambung dengan komputer via USB maka komputer akan bisa mendeteksi perangkat xiaomi kita dan siap untuk melaksanakan transfer data.

Untuk pengguna xiaomi dengan android marsmallow (android 6.0) ke atas Opsi Transfer file (MTP) secara normal bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan gampang bergantian, namun khusus , untuk smartphone xiaomi yang masih memakai android Kitkat 4.4 dan android Lollipop 5.0/5.1, menyerupai Redmi Note 3G/4G, Redmi Note 2, dan Redmi Note 3 Mediatek, opsi transfer file (MTP) tersebut akan menghilang dan tidak akan muncul lagi ketika satu kali saja di disable atau dinonaktifkan.

Tentu saja hal tersebut menjadi masalah, sebab dengan begitu perangkat tidak akan bisa lagi melaksanakan transfer dari hp ke komputer atau dari komputer ke hp anda. Setelah diselidiki beberapa itu merupakan salah satu bug yang terdapat pada hp xiaomi untuk versi xiami tersebut.

Masalah tersebut bergotong-royong sangatlah gampang untuk diperbaiki, namun banyak pengguna yang tidak mengatahui caranya, oleh sebab itu diartikel kali ini saya akan coba memperlihatkan beberapa solusi.

Untuk mengatasi hilangnya opsi xiaomi ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Cara ke #1: Menggunakan Aplikasi MIUI USB Settings.

Langkah pertama yang sanggup anda coba biar hp xiaomi anda terdeteksi kembali oleh PC dan Opsi transfer file (MTP) bisa aktif kembali dalah sebagai berikut:

A. Aktifkan Debugging USB Pada opsi pengembang
Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Masuk ke mode Setting / setelan

2. Pilih sajian About Phone / Tentang ponsel

3. Pilih menu  MUI Version / Versi MIUI, kemudian tap berkali-kali hingga muncul notifikasi "Anda Sudah menjadi pengembang"

4. Kemudian kembali ke halaman settings/ setelan, kemudian pilih sajian Additional Settings / setelan tambahan

5. Pada halaman setelan tambahan/ additional settings, pilih sajian Opsi pengembang / Developer Options.

6. Pada halaman developer option, aktifkan sajian Debugging USB.

B. Unduh dan install MIUI USB Settings dari google playstore.

1. Silahkan download dan isntal aplikasi MIUI USB Settings dari google playstore.



2. Selanjutnya Sambungkan HP Xiaomi anda ke komputer pc atau laptop memakai Kabel USB.

3. Setelah itu Aktifkan Aplikasi MIUI USB Settings pada hp xiaomi,kalau berhasil maka opsi Transfer File MTP akan aktif kembali dan anda bisa kembali melaksanakan transfer file antara PC.

Cara ke #2: Menggunakan Q Custom Shortcut
Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Download dulu aplikasi Q custom shortcut di sini, kemudian instalkan di hp xiaomi anda.

2. Hubungkan hp Xiaomi anda dengan PC memakai USB

3. Aktifkan aplikasi Q Custom shortcut, kemudian tulis menyerupai gambar di bawah ini:


 (Perhatikan aksara besar dan kecil, pastikan sama dengan gambar di atas).

4.  Setelah itu Tekan tombol Test (Jika tidak berhasil), anda bisa mengaktifkan mode debuging USB menyerupai pada cara ke #1 di atas.

5. Jika Ketika tekan tombol test berhasil, maka silahkan tekan tombol Create Shortcut untuk membuat sebuah shortcut di halaman home hp xiaomi anda.

6. Pada halaman home hp xiaomi anda,  Silahkan tekan shortcut yang gres saja anda buat, aktifkan setiap kali anda ingin mengaktifkan opsi transfer file MTP pada HP Xiaomi anda.

Cara di atas sanggup anda gunakan pada hp xiaomi anda tanpa harus root.



Blogger Lampung Abal - Abal yang Sedang Belajar.


EmoticonEmoticon